Sabtu, 07 Januari 2017

Tekanan Hidrostatik

Tekanan Hidrostatik 

Tekanan Hidrostatik adalah tekanan pada zat cair yang diam sesuai dengan namanya (hidro: air dan statik: diam). Atau lebih lengkapnya Tekanan Hidrostatik didefinisikan sebagai tekanan yang diberikan oleh cairan pada kesetimbangan karena pengaruh gaya gravitasi.
 


Hal ini berarti setiap benda yang berada pada zat cair yang diam, tekanannya tergantung dari besarnya gravitasi. Hal lain yang mempengaruhi besarnya tekanan yaitu: kedalaman/ketinggian dan massa jenis zat cair.

gambar dan penjelasannya :
Picture
 Dari Penjelasan penurunan rumus tekanan hidrostatik di atas diperoleh kesimpulan beberapa hal:
  1. Volume tidak mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatik
  2. Besarnya tekanan hidrostatik dipengaruhi oleh kedalaman, gravitasi dan massa jenis zat cair (fluida)

Sehingga rumus tekanan hidrostatik fluida statis adalah:
Picture
Contoh penerapan : 
  1. Kapal selam adalah contoh penerapan tekanan hidrostatik. Karena manusia tidak mempu menyelam terlalu dalam dibuatlah kapal selam yang terbuat dari bahan yang sangat kokohdan kuat serta memiliki bentuk hampir bulat. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi besarnya tekanan hidrostatik di dalam kapal selam. 
  2. Berenang. Pada saat berenang semakin dalam kita menyelam maka telinga akan terasa sakit. Hal ini karena semakin dalam kita menyelam maka tekanan hidrostatis juga akan semakin besar.
  3. Pemasangan infus. Sebelum infus dipasang biasanya dilakukan pengukuran tekanan darah pasien. Hal ini dilakukan karena pemasangan infus harus memperhatikan tekanan darah pasien. Dimana tekanan infus harus lebih tinggi dari tekanan darah pasien agar cairan infusmengalir ke dalam tubuh pasien. Jika tekanan darah pasien lebih besar dari tekanan cairan infus maka yang terjadi darah pasien akan mengalir melalui selang infus menuju kantong infus.
sumber : 
http://www.informasi-pendidikan.com/2014/12/pengertian-tekanan-hidrostatis.html
http://fisikaituasyik.weebly.com/tekanan-hidrostatis.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar